Puluhan Komunitas Deklarasikan Anti Hoax Jelang Pemilu 2019

PULUHAN Komunitas di Kota Bandung berkumpul di area car free day (CFD) Ir. H. Djuanda (Dago),  Minggu (6/1/2019) pagi. Mereka mendeklarasikan anti hoax di depan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Bandung.
Deklarasi ini sebagai bagian dari menghantam berita hoax menjelang Pemilihan Umum 2019 mendatang.

“Ini inisiasi masyarakat Kota Bandung, untuk deklarasi anti hoax. Hal ini didasari dengan banyaknya berita hoax, yang beredar. Masyarakat pun merasa terganggu,” ungkap Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, di lokasi deklarasi, Jalan Ir. Djuanda, Minggu (6/1/2019).

Dengan adanya deklarasi ini, Yana mengungkapkan, hal tersebut telah membuktikan, jika masyarakat Kota Bandung, ‎telah dewasa di massa demokrasi seperti saat ini.

“Kemarin kita buktikan (pada Pilgub dan Pilwalkot). Kita berhasil membuktikan proses demokrasi dan itu juga bukti kedewasaan masyarakat,” ungkap Yana.

Dengan adanya deklarasi ini pun, Yana berharap masyarakat untuk tidak terpancing berita-berita yang belum diketahui kebenarannya. Hal itu, sebagai langkah awal untuk mengantisipasi berita hoax.

“Kami harap masyarakat untuk tabbayun dan teliti dan share lagi. Mari sama-sama dewasa menggunakan medsos agar tidak ada berita hoax‎,” ungkap Yana.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, deklarasi anti hoax ini, merupakan kegiatan positif.

Kegiatan ini, lanjut Irman merupakan bentuk dari sikap kritisi masyarakat dalam menanggapi berita-berita hoax yang banyak terjadi.

“Sudah ada 28 komunitas masyarakat yang turut mendeklarasikan anti hoax, sampai saat ini. Ini akan terus berkelanjutan,” ungkapnya Irman.

Irman berharap, deklarasi anti hoax ini juga sebagai penangkal konflik-konflik menjelang pemilihan presiden dan juga liegistatif mendatang.

“Dengan kegiatan ini, harapannya tidak ada konflik sosial ‎yang terjadi di Kota Bandung,” harapnya.
Sumber : galamedianews.com

Leave a Reply