KPU Sosialisasi Pemilu 2019 ke Komunitas Remaja Tabur Mangrove

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang menggelar Sosialisasi Pemilu 2019 kepada komunitas Remaja Tabur Mangrove (RTM) di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Minggu (10/2/2019).

Sosialisasi tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta yang tergabung dalan organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Komisoner KPU Kabupaten Tangerang Divisi SDM, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Imron Mahrus menjelaskan bahwa pihaknya memilih lokasi ini karena sebelumnya Desa Tanjung Burung dinilai memiliki indeks kerawanan.

“Satu sisi kenapa kita pilih lokasi ini juga karena mengingat saat pemilu sebelumnya, disini rawan. Makanya kita sosialisasi di daerah Teluknaga ini, terutama di komunitas tabur mangrove agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan,” jelas Imron.

Kerawanan yang dimaksud ialah berupa temuan tingkat money politik dan pelanggaran lain yang terjadi di pemilu sebelumnya

“Kemungkinan antara ada yang melakukan money politik, pencoblosan lebih dari satu kali. Namun tidak hanya disini, katanya, sosialisasi ini juga akan dilakukan di beberapa kecamatan,” ungkapnya.

Imron mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi problematika utama dan tantangan bagi pihaknya di Kabupaten Tangerang ini, salah satunya bagi masyarakat yang berusia lebih dari 70 tahun.

“Mereka tidak memahami cara mencoblosnya, berapa jumlah anggota legislatifnya, boleh atau tidak kemudian nanti didampingi orang lain mencoblos ke TPS.  Ya rata-rata mereka yang sudah sepuh, susah kita kasih pemahaman. Ya itu tantangan buat kami,” bebernya.

Selaras dengan permasalahan yang ada, Ketua Komisariat PMII Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fikra Aldi Maulana menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan karena dinilai penting dan menjadi kebutuhan bagi warga Desa Tanjung Burung.

“Sebelum ini kami mengadakan pertemuan dengan warga, hasilnya diketahui bahwa sosialisasi pemilu ini menjadi salah satu kebutuhan bagi warga setempat,” jelas Fikra.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan yang dinilai perlu bagi masyarakat desa Tanjung Burung, maka diputuskan untuk menggelar sosialisasi tersebut.

“Ya karena memang dirasa perlu dan penting, maka kami adakan sosialisasi ini, demi memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambahnya.
Sumber : tangerangonline.id

JON BOVI

Halo!! Saya seorang profesional di bidang Arsitektur, berpengalaman dalam dunia rancang bangun  selama lebih dari 15 tahun. Selaku staf pengajar di beberapa perguruan tinggi sejak tahun 2014.Profil lengkap saya dibagian bawah web ini.

JON BOVI has 121 posts and counting. See all posts by JON BOVI

Leave a Reply